Wednesday, October 23, 2013

Commuterline atau Kaleng Sarden

 
"Kendaraan apa yang cepet sampe tujuan?", orang yang beraktifitas dan tujuannya lumayan jauh menanyakan ini, sisanya udah pasti. Pengen jawab naik pesawat tapi deket kantor kampus atau tempat yang dituju belum tentu sebelahan sama bandara. Mau bilang naik elang atau naga tapi ini bukan acara di tipi-tipi swasta. Semua harus dihadapi dengan bersyukur meski seperempat hidup kita dihabiskan di jalan raya. Kita harus bersabar, walau bokong kita menghadapi getirnya gesekan sesama jenis.

Banyak sarana angkutan umum yang bisa digunakan, salah satunya kereta. Gue salut sama PT. KAI mereka sudah berhasil membuat orang-orang yang naik di atap kereta sambil kibarin bendera girlband udah gak ada, sekali pun yang ada di atap kereta mungkin hanya tulisan "aku sayang kamu", tak pernah berhasil kamu baca, karena aku menulisnya pada tempat yang tak semestinya. Kereta api atau Commuterline salah satu angkutan umum yang cepat sampai tujuan, maka ketika masuk kereta ibarat masuk kaleng sarden, ketika antri mau masuk kayak lagi antri sembako. Mungkin karena murah, jadi banyak orang yang rela naik kereta walau harus nyium bau kaos kaki basi. Entah pemerintah tutup mata dan telinga atau tidak, tapi tak juga ada perkembangan yang baik terjadi di kereta. Memang gak mungkin bisa berlari tanpa berjalan. Semua butuh proses, karena yang cepet cuma protes, ini ucapan temen gue. Sebut saja dewa mabuk, mabuk pulpen wangi.

Gue udah beberapa bulan naik Commuterline, dari nyium bau permen sugus sampe nyium bau kabel kebakar. Yang paling parah sempet nyium bau kembang tujuh rupa, pas gue tengok ternyata di samping ada yang lagi tidur mangap kayak ikan sapu-sapu. Ketika Commuterline telat sampai stasiun, disitu gue curiga kalo kereta sahabat akrab keong racun. Meski kereta suka ngaret, tapi cewek-cewek yang hobinya ngambek gak pernah ngelabrak kereta yang telat dateng.

Di kereta ada tulisan ''bangku prioritas, untuk ibu hamil, ibu yang membawa anak kecil, lansia dan yang kurang sehat", tapi gue kesel ketika semua kursi penuh dan masinisnya gak mau pangku kakek-kakek supaya dapet tempat duduk. Pernah ada cewek bukan di gerbong khusus wanita yang terjadi dia keringet dingin bukan karena desek-desekan tapi digesek-gesek bapak-bapak. Saat itu terjadi, gue bisa tahu karena cewek tersebut megang pundak gue dan dia bilang ''mas, tolongin aku'', gue akhirnya nolongin dia dengan suruh dia diri di depan gue. Yang terjadi, bapak tersebut gesek-gesek bokong gue. Ini membuat gue gelisah, akhirnya gue bilang "Pak, maaf bisa munduran sedikit. Atau bapak mau saya laporin karena pelecehan seksual", akhirnya bapak tersebut turun di stasiun berikutnya. Hal yang lebih ngeselin di Commuterline lagi desek-desekan penuh tapi ada orang yang berisik banget serta rusuh. Memancing emosi dengan sangat baik dan yang terjadi kemarin sempet gue teriakin "Mas, baru keluar dari penjara ya? Norak banget", dan akhirnya semua orang nyurakin segerombolan perusuh dalam kereta tersebut.

Lagi desek-desekan, ada aja yang kadang ngedumel sendiri kayak lagi ritual khusus, sempet nyeletuk kalo enak itu naik pesawat, terus ada juga, jangan desek-desekan dong dan ada lagi yang ngedumel, gesek aku mas gesek aku, tapi cowok yang teriak, seketika semua jadi keringet dingin karena tingkah laku orang tersebut. Cara ampuh mengatasi apapun emang cuma dengan bersabar, kalo belum bisa sabar juga coba kenalan sama orang yang namanya Sabar.
 
Salah satu derita naik Commuterline pergi rapih pulang jadi Zombie. Masih banyak hal yang terjadi di Comuterline, salah satunya gue pernah kenalan sama cewek di samping gue karena dia modus injek kaki gue, akhirnya kenalan dan kita sempet main jorok-jorokan di peron sampe gue jorokin dia dan akhirnya nyungsep, ahay kau bidadari jatuh dari surga tepat di peron.. uyeee~

Tapi gue sempet baca berita, kalau katanya KRL tahun depan tarifnya bakal naik, ya silahkan saja kalo emang udah punya tangga yang memadahi untuk naik. Kalo gak desek-desekan naik kereta, gue bakal seneng-seneng aja walau tarifnya naik. mau naik haji juga gapapa.

Oiyah, hal apa yang pernah terjadi saat lo naik Commuterline? Share di kotak komentar ya, bukan kotak amal.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah memberikan komentar.