Friday, June 7, 2013

Mantan Terindah Itu Fiktif Belaka


"Dia adalah mantan terindah gue", gue pernah denger kata-kata ini dari beberapa temen. Kadang ada perasaan heran atau malah pengen ketawa, setidaknya gue juga punya mantan tapi gak pernah menganggap dia terindah atau bahkan terbaik, kalau pun indah dan baik kenapa harus putus? Sebab cinta yang baik dan indah seharusnya dijaga dengan kesetiaan yang utuh bukan.

Saat ini gue lagi merenung sambil berinisiatif jualan followers twitter sachetan dengan target market orang-orang kebelet metal yang kuat ngomong sama tembok, tapi diganggu dengan kejadian beberapa waktu lalu saat temen gue bilang "Dia mantan terindah gue", saat pertanyaan itu keluar dari mulutnya yang bau mercon membuat gue jadi diam seketika, gue inget sama mantan gue.

Jadi, gue juga pernah pacaran bukan sama gagang sapu apalagi sama centong sayur tapi sama cewek yang dulu gue anggap baik banget, saking baiknya pernah gue belum mandi seharian dimandiin dengan disembur air dari mulutnya. Oke, fine. Cewek walau cantik tetep aja kalau nyembur itu gak banget, mungkin cita-cita dia mau jadi guru spiritual.

Kita pacaran lagi lucu-lucunya, waktu itu gue lagi ngajarin dia ngendarain motor barunya tapi sengaja lepas dia di lapangan bola baru tiga kedipan udah jadi superman, halhasil dia meringis kesakitan dan gue panik mikirin motornya yang lecet atau enggak.

Pernah juga kita main kejar-kejaran di pantai udah kayak film india gitu, tapi pas dia lari ke air gue gak mau ngejar, bukannya apa-apa saat itu jatuh.. Oiyah, dia juga pada saat itu mau nyoba nyelem padahal gak bisa berenang, alhasil gue jadi nyelem juga.. Semuanya emang indah buat dikenang, iya buat dikenang. Sebab semua tidak akan terjadi lagi dengan orang yang sama dan senyum yang sama..

Secarik foto yang terpampang dengan senyuman indah di pantai itu, dikala senja. Dengan senyuman yang rona. Tetap sama. Namun artinya sekarang berbeda.

Yaakhirnya kita putus, kata dia putus baik-baik tapi buat gue kalau baik-baik kenapa putus.

Kembali ke temen gue, dia baru aja putus sama pacarnya, dia belum terbiasa dengan semuanya. Yang biasanya ada perhatiin dia "kamu udah berak belum?" atau "kamu tidurnya merem ya" semua perhatian itu sekejap hilang, temen gue belum bisa menerima kenyataan yang sebenar-benarnya terjadi. Kalau mantan terindah pun ada mungkin cintanya dibawa sampai ke alam sana oleh salah satu dari pasangan itu, kalau pun putus itu bukan indah melainkan bencana karena mantan terindah itu fiktif belaka. Kalau diinget-inget pasti cuma bikin sedih, apalagi yang pacarannya udah ludah-ludahan, jambak-jambakan, perang guling atau bahkan main petak umpet... Gue saat inget mantan kadang ada rasa sedih tapi ujung-ujungnya ketawa juga. Ketawa buat nutupin kesedihan, karena kesakitan-kesakitan yang pernah terasa akan dirasakan juga sama orang yang menyakiti.

Temen gue yang biasanya suka ngeledekin gue jomblo, saat ini dia jadi jomblo antara pengen ngetawain atau ikutan sedih, tapi gue nikmatin aja semua cerita kebahagiaan dia bareng sapu pacarnya. Sampai akhirnya setelah temen gue cerita panjang lebar kali tinggi dan gue cuma bisa jawab "oh" aja dia jadi kesel, gue memutuskan untuk beranjak dari situ sebelum temen gue berubah jadi Hulk berwarna merah muda.

Hidup karena terbiasa, ketika kehilangan sesuatu akan merasa hampa. Namun lambat laun akan biasa saja tanpa hadirnya.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah memberikan komentar.