Friday, August 30, 2013

Permainan Masa Kecil


Gue baru aja balik dari main ke luar kota Tangerang Selatan yaitu Jakarta, terus liat anak kecil lari-lari ngejar layangan... Saat itu gue jadi inget kalo gue pernah ngejar-ngejar gebetan juga tapi gak dapet. Miris, emang. Tapi bodoamat. Lu siapa? Kenalin gue Iyan. Muaahh

Semasa kecil imoets-imoets dan sering dicium, sekarang kagak. Gue inget beberapa permainan yang sering gue lakukan. Lu juga pasti  pernah. Pasti.

Ada beberapa permainan yang akan gue bahas disini bersama dengan embel-embelnya yang gue juga gak tahu kenapa bisa berpikiran seperti itu.. Oke, yuk capcus..

1. Layangan
Masa kecil lu gak bahagia pokoknya kalau gak mainin permainan satu ini, tarik ulur benang sampe layangan manteng, atau kejar layangan nyusruk-nyusruk di kebon cuma demi layangan, layangan yang harganya gope, buat dapetin itu layangan butuh perjuangan lebih. Waktu gue masih imoets kayak temennya Dora, pernah jeblos di genteng rumah orang cuma demi dapetin Apa yang menurut gue menyenangkan. Karena gue selalu nolak dikasih duit ceban buat beli layangan, jadi milih ngejar-ngejar yang telap.

"Hidup seperti mengejar layangan, rela mengejar sesuatu yang kecil hanya untuk mendapatkan kepuasan, menolak yang besar tanpa ada usaha yang memuaskan perasaan"

2. Gundu
Biasa disebut kelereng, main permainan ini butuh yang namanya fokus tingkat tinggi supaya nyentilnya kuat kayak kesurupan Goku terus gundu lawan pecah. Banyak temen gue yang keasikan main gundu terus iseng-iseng ditelen, kelolodan, untung ora mati, ada juga yang nelen duit gope karena gak dibolehin beli gundu gue, sama emaknya. Saat main gundu ada berbagai macam cara, kayak main apolo, garisan, tektok dan apa aja boleh hanya demi mendapatkan satu demi satu gundu terus jadi banyak dan merasakan kepuasan. Ada serunye juga, kalo ngecengin temen yang kalah sampe nangis karena gundunya abis.

"Ibarat bermain gundu, pencapaian memuaskan ada pada kemenangan dikit demi sedikit lama-lama jadi banyak, asalkan fokus dan usaha"

3. Benteng
lu tau permainan ini? Yang ada dua tim, masing-masing tim ngejaga tiang bentengnya, terus lari-larian cuma buat nyentuh benteng lawan, karena kalau benteng lawan kesentuh tandanya kita menang, tapi kalo kita kesentuh tim lawan di luar garis pertahanan, kita jadi tawanan. Gue pernah lari kesandung nyebur tempat berenang soang, terus malemnya niyakitin baju di bawah pohon manga, kata nenek gue "Busetdah tong, udeh malem, itu pan diatas puun manga ada penunggunye", gue sedih, ditakut-takutin padahal gue ini orangnya emang penakut apalagi kehilangan orang yang disayang. Suer, takut. Tapi mau begimana lagi dari permainan benteng ini gue petik hidayah lagi, yaitu ''pertahankan apa yang kita miliki karena pada akhirnya akan membahagiakan dan kadang kita akan merasakan kehilangan serta kecewa ketika yang kita miliki disentuh atau direbut orang lain''.. Entah, kenapa gue jadi gini banget, gue kangen permainan masa kecil yang gue anggap itu hiburan tapi ternyata keren kalau dipikir-pikir, sayang aja gue males banget mikir selama ini.

4. Karet
Permainan ini emang dimainkan sama cewek, cowok cuma tim hore tepok tangan ketika rok cewek terbang terus celana delamnye keliatan, tapi buat cowok yang nyoba main ini, gue jamin pas gedenya jadi bisa loncat pager sekolah atau loncat dari dahan ke dahan lainnya tanpa cidera engkel. Karena gue sering bolos sekolah pas SMP dengan loncatin pager yang tingginya cuma sedada. Oke kan gue? Yoi

''Gak ada yang sia-sia apa yang kita lakukan walau pun bagi sebagian orang kadang tidak penting''

5. Petak Umpet
Ini permainan yang sering gue mainin, gue selalu mainin bareng temen-temen gue karena kalo main sendiri gak akan ada yang nyariin gue kalo ngumpet. Oke, ada hal yang gue heran dari petak umpet ini kalo main sampe maghrib pasti diteriakin "udah udah mainnya, nanti diumpetin kolong wewe aja", jadi gue inget, jangan-jangan wapres Indonesia tahun 2009-2014 diumpetin kolong wewe, soalnya gue gak pernah liat doi.

Dan masih banyak permainan yang dimainkan sewaktu kecil, tapi ada yang gue heran sama diri gue kenapa waktu kecil kalo ngeliat pesawat selalu teriak ''pesawat! bagi duit dong'', oke.. sekian dari saya, saya emang cool dari sananya dan saya beruntung waktu kecil main gimbot aki daripada mainan tab sendirian di kamar.

Oiyah, lu pernah main apa sewaktu kecil? Jangan bilang lu main perasaan! Jangan!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah memberikan komentar.